Rangkaian Acara Bersih Desa

  • Jul 12, 2024
  • Admin
  • Info Terkini

Kamis, 12/07/2024 Manusia dan alam merupakan satu kesatuan. Hubungan dua elemen itu, seakan tak bisa lepas satu sama lain. Hubungan simbiosis keduanya pun menjadi keniscayaan. Namun, dalam perkembangan manusia modern, alam seakan menjadi objek untuk meneguhkan dan meneruskan kehidupan manusia.

Bersih desa merupakan tradisi turun temurun dalam kebudayaan masyarakat . Di jawa khususnya, ritual bersih desa telah dilakukan berabad-abad lamanya. Ritual bersih desa di jawa merupakan wujud bersatunya manusia dengan alam. Ritual Bersih Desa dapat didefinisikan sebagai wujud rasa syukur warga sebuah desa atas berkat yang diberikan Tuhan kepada masyarakat desa, baik dari hasil panen, kesehatan, dan kesejahteraan yang telah diperoleh selama setahun dan juga sebagai permohonan akan keselamatan dan kesejahteraan warga desa untuk satu tahun mendatang.

Ritual Bersih Desa sendiri biasanya dilaksanakan satu kali dalam setahun. Hari pelaksanaanya pun tidak sembarangan ditentukan, melainkan ada hari-hari tertentu di dalam kalender Jawa yang merupakan hari sakral untuk melaksanakan Ritual Bersih Desa.

Di desa Ngadisanan, Ritual bersih desa tahun ini di laksanakan mulai tanggal 20 Juli dan berakhir pada tanggal 31 Juli 2024. Puncak acara bersih desa tahun ini akan di tutup dengan acara pagelaran wayang kulit semalam suntuk  dengan dalang Muda Ki Yusuf Anshor Ganendra K. Dari Gunung Kidul Yogyakarta. Berikut admin sampaikan Rangkaian acara kegiatan bersih Desa Ngadisanan Tahun 2024.

No.

Tanggal

Nama Kegiatan

1.

Sabtu, 20 Juli 2024

Shalawatan dan Yatiman

2.

Minggu, 21 Juli 2024

Ziaroh Makam, Khataman Alquran dan Istighotsah

3.

Senin, 22 Juli – Jumat 26 Juli 2024

Turnamen Voley Antar Dukuh Se Desa Ngadisanan

4.

Sabtu, 27 Juli 2024

Turnamen Mobile Legend

5.

Minggu, 28 Juli 2024

Senam Sehat, Jalan Santai, Parade sepeda Tua, Lomba ibu-ibu, Musik Akustik

6.

Senin, 29 Juli 2024

Kesenian Reyog

7.

Selasa, 30 Juli 2024

Kesenian Gajah, Drumband TK dan SD

8.

Rabu, 31 Juli 2024

Pagelaran Wayang Kulit

Demikian rangkaian kegiatan acara bersih desa Ngadisanan tahun 2024, semoga dengan adanya kegiatan bersih desa ini, Desa kita semakin maju, Masyarakatnya semakin Makmur, guyub rukun sehat dan sejahtera.